AKTIFITAS

Fatayat NU Pekalongan Gelar Pelatihan Keprotokolan dan MC

oleh: Admin | 2013-03-11 20:01:05

KAJEN – Pimpinan Cabang (PC) Fatayat Nahdlatul Ulama (NU) Kabupaten Pekalongan menggelar pelatihan keprotokolan dan master of ceremony (MC), Sabtu (9/3/2013) di pendopo Kecamatan Kedungwuni.

Pelatihan tersebut diikuti oleh 125 orang perwakilan dari 19 pengurus tingkat Kecamatan atau Pimpinan Anak Cabang (PAC) se Kabupaten Pekalongan, dan dihadiri oleh Ketua Umum PC Fatayat NU yang sekaligus Ketua Komisi D DPRD Kabupaten Pekalongan, Dra. Hj. Hindun, MH. Tampak pula Ketua TP PKK Kecamatan Kedungwuni dan tamu undangan lainnya. Dan sebagai narasumber adalah Protokol Bagian Humas Setda Kabupaten Pekalongan.

Ketua PC Fatayat NU Kabupaten Pekalongan saat membuka acara dimaksud menyampaikan bahwa pelatihan keprotokolan dan MC menjadi kebutuhan bagi kita semua sebagai organisasi yang memiliki banyak kegiatan.

Dalam kesempatan itu Hindun menginformasikan bahwa pengurus Fatayat NU ada di 285 Desa/Kelurahan dan 19 Kecamatan yang ada di Kabupaten Pekalongan. Dan semua pengurus tersebut telah memiliki legalitas yaitu Surat Keputusan (SK) dari pengurus yang lebih tinggi. Untuk pengurus Ranting/Desa, SKnya dari Pimpinan Cabang (Kabupaten). Sedangkan untuk pengurus Anak Cabang/Kecamatan, SKnya dari Pimpinan Wilayan (Provinsi) dan untuk pengurus Cabang/Kabupaten, SKnya dari Pimpinan Pusat.
“Inilah alur organisasi kita. Sehingga kita tidak bisa berdiri sendiri tetapi kita dalam satu garis structural Fatayat NU yang tersebar di seluruh Indonesia,” tegas Hindun.

“Oleh karena itu bagi anak cabang yang akan mengadakan konferensi, segera membuat surat permohonan untuk mendapatkan SK. Surat tersebut direkomendasikan Pimpinan Cabang dan disampaikan kepada Pimpinan Wilayah,” ujarnya.

Perihal pelatihan keprotokoleran dan MC, Hindun mengatakan bahwa sangat dibutuhkan sekali. Karena yang namanya MC harus dengan skill dan bakat, tidak muncul secara tiba-tiba tetapi harus dilatih supaya mengetahui bagaimana teknik menjadi MC yang bagus.

“Harapan saya dengan pelatihan ini nanti akan menambah skill dan ketrampilan kita untuk menjadi MC yang baik. Sehingga benar-benar kita menjadi seorang yang tahu tentang keprotokoleran dan menjadi MC yang professional,” harap Hindun

Sementara itu, tim narasumber dari Protokol Bagian Humas yang terdiri dari Evi Rusliani, Maemunah dan Yanti, dalam paparannya menyampaikan bahwa dasar keprotokolan yakni UU No.9 tahun 2010 tentang Keprotokolan dari penyempurnaan UU No.8 th.1987 ttg Keprotokolan.

Evi menyampaikan bahwa definisi Protokol yaitu serangkaian aturan dalam acara kenegaraan atau acara resmi yang meliputi aturan mengenai tata tempat, tata upacara, dan tata penghormatan kepada seseorang sesuai dengan jabatan dan atau kedudukannya dalam negara, pemerintahan dan atau masyarakat.

Fungsi protokol, menurut Evi, sebagai informator, komunikator, pemandu tamu, scurity/pengaman acara, dan pengatur londisi acara. Sehingga kita harus memperhatikan hal-hal yang berkaitan dengan protokol, antara lain lay out (tata ruang ), etiket (aturan sesuai UU yang berlaku, tata krama, tata tertib dalam suatu upacara), preseance/pressing (tata tempat, sebagai penghormatan kepada yang berhak, yang  telah diatur sesuai UU), dan penampilan (appearance) yang bernuansa keprotokolan (sesuai dengan jenis acara).

Sedangkan MC, Maemunah menambahkan, adalah bagian dari keprotokolan. MC mempunyai tugas antara lain menyusun acara; mengecek sound system/ mic/pengeras suara; mengecek kesiapan acara, mengecek kehadiran pejabat/ pimpinan, pembicara dan petugas lainnya; membawakan acara; menyimak jalannya acara; mengendalikan waktu; menguasai dan mengatur hadirin; memperhatikan isyarat, ungkapan dan Emosi.

Pelatihan berlangsung sehari penuh itu, diakhiri dengan praktek bagaimana membuat atur acara dan membawakan acara oleh perwakilan peserta yang telah dibagi dalam kelompok.

Pelatihan Keprotokolan dan MC diselenggarakan dalam rangka Harlah Fatayat NU ke-63 tahun 2013. Selain pelatihan tersebut, PC Fatayat NU juga akan menyelenggarakan lomba yakni Lomba Mars Fatayat dan MC. (di2k).

 

Post: Pekalongankab.go.id, 09 Maret 2013

Repost: Pimpinan Pusat Fatayat NU

IKLAN

Pentingnya ASI untuk Bayi

KUTIPAN

Hakikat Ramadhan dan Fadhilahnya

Dalam kitabnya Al-Ghunyah Syaikh Abdul Qadir al-Jailani menerangka bahwa Ramdhan dalam bahasa ar...
Selengkapnya

KOLOM

Dosa Kita Pada Riyanto (Pahlawan Bom Malam Natal)

Oleh: Lazuardi Ansori

Tahun 2000 saya masih tinggal di kampung halaman saya. Sebuah desa di sebelah 

Selengkapnya

KONSULTASI

Lelaki Beristri Mengaku Tidak Beristri, Supaya Lamarannya Diterima

Oleh: Admin

S: Bagaimana pendapat Muk

Selengkapnya

PUSTAKA

Perjalanan Sejarah Perempuan Periwayat Hadis

Perjalanan Sejarah Perempuan Periwayat Hadis

Perempuan mendapatkan posisi yang terhormat saat kehidupan masyarakat Islam berada pada masa Rasulullah Saw. Perem

Selengkapnya
  • Ramadhan : Marhaban ya Ramadhan 1435H. Selamat menunaikan Ibadah Puasa Ramadhan. Semoga Ramadhan menjadi inspirasi kita bersama untuk terus menebar kebaikan.

©2012 PP FATAYAT NU